Selasa, 19 Juni 2012

Pelaku - Pelaku Kegiatan Ekonomi


PELAKU _ PELAKU KEGIATAN EKONOMI

Untuk mencapai tujuan ini cukuplah apabila pelaku – pelaku kegiatan ekonomi dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu : Rumah Tangga, Perusahaan dan Pemerintah. Masing – masing golongan ini menjalankan peranan yang sangat berbeda dalam suatu perekonomian.

1.   Rumah Tangga
Adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan. Faktor – faktor produksi yang lain, yaitu barang – barang modal, kekayaan alam dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. Sebagai balas jasa terhadap penggunaan berbagai jenis faktor produksi ini maka sektor sektor peerasahaan akan memberikan berbagai jenis pendapatan kepada sektor rumah tangga. Berbagai jenis pendapatan tersebut akan digunakan oleh rumah tangga untuk dua tujuan.
Yang pertama, untuk membeli berbagai barang ataupun jasa yang diperlukannya.
Yang kedua, pengeluaran – pengeluaran lain sperti pendidikan, pengangkutan, perumahan dan rekreasi menjadi sangat bertambah penting.
Pendapatan yang diterima rumah tangga akan disimpan atsu ditabung.

2.   Perusahaan
Adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan menghasilkan beerbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan  masyarakat. Berdasarkan kepada lapangan usaha yang dijalankan, perusahaan- perusahaan yang ada dalam perekonomian dapat dibedakan menjadi tiga golongan :
a.    Industri Primer
Yang mengolah kekayaan alam dan mengeksploitir faktor – faktor produksi.
b.   Industri Sekunder
Yang menghasilkan barang produksi, mendirikan bangunan dan perumahan, dan menyediakan air, listrik dan gas.
c.   Industri Tersier
Yang menghasilkan jasa.

3.   Pemerintah
Adalah badan -  badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan – badan seperti itu termasuklah berbagai departemen pemerintahan, badan yang mengatur penanaman modal, bank sentral, parlemen, pemerintah daerah, angkatan bersenjata dsb. Badan – badan tersebut akan mengawasi kegiatan rumah tangga dan perusahaan juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. Pemerintah juga melakukan kegiatan memgembangkan prasarana ekonomi dan prasarana sosial.


Sumber :
                    Mikroekonomi Teori Pengantar/Sadono Sukirno- Ed. 3 – cet. 26 – Jakarta : Rajawali Pers, 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar