Selasa, 19 Juni 2012

Spesialisasi


SPESIALISASI

Kebaikan – Kebaikan Spesialisasi
          Wujudnya spesialisasi yang tinggi merupakan ciri penting suatu perekonomian modern. Terdapat kaitan yang  rapat antara perkembangan ekonomi dan spesialisasi dimana semakin tinggi perkembangan ekonomi, semakin tinggi pula tingkat spesialisasi.
          Perdagangan yang bertambah luas dan semakin efisien akan menimbulkan spesialisasi yang lebih baik. Selanjutnya spesialisasi akan mempercepat perkembangan ekonomi. Spesialisasi penting untuk perkembangan ekonomi disebabkan oleh beberapa sumbangannya berikut :
1.    Mempertinggi efisiensi penggunaan faktor produksi.
Ini berarti bahwa suatu daerah atau negara tidak perlu lagi menghasilkan seluruh barang yang dibutuhkannya tetapi cukup melakukan spesialisasi dalam kegiatan yang paling menguntungkan negara atau wilayah tersebut.
2.    Mempertinggi efisiensi memproduksi.
Apabila produksi ditingkatkan, biaya produksi tidak akan meningkat sebesar peningkatan produksi yang berlaku. Berarti biaya produksi rata – rata bertambah rendah. Disamping itu spesialisasi menghemat penggunaan alat – alat produksi. Spesialisasi menyebabkan berbagai masyarakat tidak perlu lagi membeli alat – alat produksi yang sama jenisnya.
3.    Mendorong perkembangan teknologi.
Spesialisasi menyebabkan pasaran berbagai barang menjadi bertambah luas. Berarti produksi harus ditambah dengan cepat. Untuk memenuhi kebutuhan ini para pengusaha akan berusaha menggunakan teknologi produksi yang lebih  baik dan lebih tinggi produktivitasnya.

Sumber :
                              Mikroekonomi Teori Pengantar/Sadono Sukirno- Ed. 3 – cet. 26 – Jakarta : Rajawali Pers, 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar