Selasa, 27 Maret 2012

Masalah Ekonomi dan Kebutuhan untuk Membuat Pilihan

MASALAH EKONOMI  DAN KEBUTUHAN UNTUK MEMBUAT PILIHAN

            Dalam kehidupan sehari – hari setiap individu, perusahaan – perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya akan selalu menghadapi persoalan – persoalan yang bersifat ekonomi yaitu persoalan yang menghendaki seseorang atau suatu perusahaan atau suatu masyarakat membuat keputusan tentang cara yang terbaik untuk melakukan suatu KEGIATAN EKONOMI.
            Dengan demikian kegiatan ekonomi dapat di definisikan sebagai kegitan seseorang atau suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Masalah Pokok Perekonomian
Masalah Kelangkaan
            Kelangkaan atau kekurangan berlaku sebagai akibat dari ketidakseimbangan antara kebutuhan masyarakat dengan  faktor – faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat. Faktor – faktor produksi yang dapat di gunakan untuk menghasilkan barang – barang  tersebut adalah relatif terbatas.

Kebutuhan Masyarakat
Kebutuhan Masyarakat adalah keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa. Keinginan untuk memperoleh barang dan jasa dapat di bedakan dua bentuk :    
1.    Keinginan yang di sertai oleh kemampuan untuk membeli.
2.    Keinginan yang tidak di sertai oleh kemampuan untuk membeli.

Jenis – jenis Barang
            Terdapat banyak cara untuk menggolongkan jenis – jenis barang dalam perekonomian . Pertama sekali perlu di bedakan antara BARANG EKONOMI dan BARANG CUMA – CUMA. Barang ekonomi adalah barang yan memerlukan usaha untuk memperolehnya, barang cuma –cuma adalah  barang yang dapat di nikmati tanpa melakukan kegiatan memproduksi (contoh : udara, sinar matahari, air hujan, dll). Barang ekonomi dapat di bedakan menjadi : Barang Konsumsi, Barang Modal, Barang Akhir dan Barang Setengah jadi. Dalam teori ekonomi terdapat dua cara penggolongan lain yaitu :
1.    Berdasarkan kepentingan barang tersebut dalam kehidupan manusia : Barang Inferior, Barang Esensial, Barang Normal dan Barang Mewah.
2.    Berdasarkan cara penggunaan barang tersebut oleh masyarakat : Barang Pribadi dan Barang Publik.

Kebutuhan yang Tak Terbatas
            Secara umum dapat dikatakan bahwa persoalan yang di hadapi masyarakat adalah bersumber dari jumlah kebutuhan yang tidak terbatas.

Faktor – faktor Produksi
            Faktor – faktor produksi adalah benda – benda yang di sediakan oleh alam atau di ciptakan oleh manusia yang dapat di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Faktor produksi dalam perekonomian dibedakan menjadi empat jenis :
1.    Tanah dan Sumber Alam
2.    Tenaga Kerja
3.    Modal
4.    Keahlian Keusahawanan

Keterbatasan Kemampuan Memproduksi
            Kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa adalah jauh lebih rendah daripada jumlah keinginan masyarakat tersebut. Masalah kekurangan juga di hadapi oleh masyarakat yang mempunyai taraf kemakmuran yang relatif tinggi.

Membuat Pilihan Untuk Memaksimumkan kesejahteraan
            Karena individu, perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya tidak bisa mendapat semua yang mereka inginkan, maka mereka harus membuat pilihan. Dalam setiap kegiatan ekonomi yaitu dalam kegiatan memproduksi maupun mengkonsumsi barang dan jasa, setiap pelaku kegiatan ekonomi harus membuat pilihan – pilihan.

Pilihan dalam Mengkonsumsi
            Kegiatan untuk membuat pilihan dapat di lihat dari dua segi. Dari segi penggunaan sumber – sumber daya yang di miliki dan dari segi mengkonsumsi barang – barang yang di hasilkan. Setiap individu harus memikirkan cara terbaik dalam menggunakan sumber – sumber daya yang di milikinya. Usaha ini bertujuan untuk memaksimumkan pendapatan yang akan di nikmatinya dengan mengunakan sumber – sumber daya yang di milikinya tersebut.

Pilihan dalam Memproduksi
            Dalam perekonomian, perusahaan – perusahaan di kembangkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang di perlukan oleh individu, perusahaan lain da n pemerintah. Dalam penjualan barang, para pengusaha akan menentukan tingkat produksi yang memberi keuntungan paling banyak kegiatannya. Sedangkan dalam penggunaan faktor – faktor produksi adalah menentukan kombinasin faktor produksi yang akan  meminimumkan biaya produksi.

Masalah Membuat Pilihan dalam kegiatan Pemerintah
            Setiap negara juga harus menentukan pilihan. Setiap negara mempunyai banyak tujuan dalam mengatur maupun menjalankan kegiatan ekonomi. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan mantap, mengatasi masalah pengangguran, menaikkan taraf hidup penduduknya dan menyamaratakan pendapatan adalah beberapa tujuan penting dari kegiatan pemerintah.


sumber : Mikroekonomi Teori Pengantar/Sadono Sukirno - Ed. 3 - cet. 26 - Jakarta : Rajawali Pers, 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar