Selasa, 19 Juni 2012

Pernyataan Positif dan Pernyataan Normatif


PERNYATAAN POSITIF DAN PERNYATAAN NORMATIF
Dalam mempelajari ilmu ekonomi, perlulah dengan sungguh – sungguh disaddari arti dan perbedaan dari Pernyataan Positif dan Pernyataan Normatif.

1.   Pernyataan Positif
Adalah pernyataan mengenai fakta – fakta yang wujud dalam masyarakat dan oleh sebab itlah kebenarannya dapat di buktikan kenyataan yang berlaku.
2.   Pernyataan Normatif
Adakalanya sangat di pengaruhi oleh faktor – faktor yang tidak bersifat rasional seperti faktor kebudayaan, filsafat dan keagamaan. Karena sifatnyatersebut, kebenaranpernyataan normatif tidak dapat dibuktikan dengan melihat kenyataan.
3.   Value Judgement
Pandangan yang menekankan tentang pentingnya memperlaju kegiatan ekonomi, akan menunjukkan bahwa cara tersebut menciptakan pertambahan pendapatan per kapita yang lebih tinggi. Tetapi pertambahan tersebut terutama dinikmati oleh sebagian kecil penduduk. Hal itu bergantung kepada value  judgement terhadap pengertian “pertambahan kesejahteraan masyarakat”.
4.   Pernyataan Positif dan Normatif dalam Analisis Ekonomi
Pernyataan Positif seperti itu terutama dijumpai dalam analisis ekonomi deskriptif dan teori ekonomi.
Pernyataan Normatif selalu dijumpai dalam ilmu ekonomi terapan atau ilmu ekonomi kebijakan. Masalah ekonomi dapat diatasi dengan beberapa cara dan cara manakah yang terbaik sangat tergantung kepada value judgement dari yang merumuskan kebjakan ekonomi tersebut.

Sumber :
                    Mikroekonomi Teori Pengantar/Sadono Sukirno- Ed. 3 – cet. 26 – Jakarta : Rajawali Pers, 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar