Jumat, 30 Maret 2012

Definisi Ilmu Ekonomi

Definisi Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya. Dalam usaha untuk memberi gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi, definisi ilmu tersebut selalu di hubungkan kepada keadaan ketidakseimbangan di antara kemampuan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa serta keinginan masyarakat untuk mendapat barang dan jasa.
Oleh  sebab itu setiap individu, perusahaan atau masyarakat/ negara harus selalu membuat pilihan -  pilihan. Kebanyakan ahli ekonomi selalu mendefinisikan ilmu ekonomi berdasatkan kepada kenyataan tersebut.
Profesor  P.A.Samuelson, salah seorang ahli ekonomi  yang terkemuka di dunia mengemukakan : Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai individu – individu dan masyarakat membuat pilihan,dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber – sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
Berdasarkan pemisalan ini maka dalam menggunakan sumber – sumber daya, idividu dan masyarakat akan berusaha memaksimalkan kepuasan dan kemakmurannya.

Sumber : Mikroekonomi Teori Pengantar/Sadono Sukirno- Ed. 3 – cet. 26 – Jakarta : Rajawali Pers, 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar